Posted by : Faizal Prasetyo
Jumat, 02 Juli 2021

Nama : Faizal Prasetyo
NIM : C1D119007
Kelas : A (Ganjil)
Mata Kuliah : Teknologi Informasi
Dosen : Wa Ode Lusianai, S.Ip., M.Si
Tugas : Final
Teknologi Informasi Dalam Media Pembelajaran
Teknologi informasi yaitu meliputi perangkat keras, lunak untuk menjalankan
satu atau sejumlah tugas pemprosesan data misalnya menangkap, mentransmisikan,
menyimpan, mengambil, memanipulasi atau menampilkan data, segala jenis teknologi
yang mampu mempores atau mengirim informasi dalam bentuk elektronik, seperangkat
alat memperlancar penataan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemproses data,
informasi dan komunikasi, dan memecahkan masalah, membuka kreatifitas, meningkat
efektifitas serta efiesensi dalam melakukan pekerjaan.
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki pengaruh yang
sangat besar dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Pendidikan sebagai
salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari proses pendewasaan manusia
tentu di satu sisi memiliki andil yang besar bagi pengembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi tersebut, namun di sisi lain pendidikan juga perlu
memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi agar mampu
mencapai tujuannya secara efektif dan efisien.
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah berpengaruh terhadap
penggunaan alat-alat bantu mengajar di sekolah-sekolah dan lembaga-lembaga
pendidikan lainnya. Dewasa ini pembelajaran di sekolah mulai disesuaikan
dengan perkembangan teknologi informasi, sehingga terjadi perubahan dan
pergeseran paradigma pendidikan (Hujair, 2009). Hal ini mengindikasikan
bahwa penggunaan teknologi informasi dalam proses pembelajaran di kelas,
sudah menjadi suatu kebutuhan sekaligus tuntutan di era global ini.
Guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran, perlu
dikembangkan berbagai model pembelajaran yang kreatif dan inovatif.Hal ini
perlu dilakukan agar proses pembelajaran tidak terkesan kurang menarik,
monoton dan membosankan sehingga akan menghambat terjadinya transfer of
knowledge. Oleh karena itu peran media dalam proses pembelajaran menjadi
penting karena akan menjadikan proses pembelajaran tersebut menjadi lebih
bervariasi dan tidak membosankan.
Bretz mengidentifikasi ciri utama dari media
menjadi tiga unsur pokok, yaitu suara, visual, dan gerak. Visual dibedakan
menjadi tiga yaitu gambar, garis, dan symbol yang merupakan suatu kontinum
dari bentuk yang dapat ditangkap dengan indera penglihatan. Disamping itu,
Bretz juga membedakan antara media siar (tele communication) dan media
rekam (recording) sehingga terdapat delapan klasifikasi media:
1. Media audio
visual gerak
2. Media audio visual diam
3. Media audio visual semi gerak
4. Media visual gerak
5. Media visual diam
6. Media semi gerak
7. Media
audio
8. Media cetak
