Posted by : Faizal Prasetyo
Selasa, 20 April 2021

Faizal Prasetyo
NIM: C1D1 19 007
Kelas : A (Ganjil) Ilmu Komunikasi 019
Mata Kuliah : Manajemen Public Relation
Dosen : La Ode Herman Halika, S.Ip., M.I.Kom
Tugas : 3
Manajemen Humas (PR)
Manajemen humas merupakan proses riset perencanaan, penerapan serta penilaian suatu aktivitas komunikasi dalam perusahaan maupun organisasi.
Public Relations ataupun kadangkala diucap dengan sebutan Humas memiliki posisi yang sangat penting dalam sebuah perusahaan, terutama apabila perusahaan tersebut kerap berhubungan dengan masyarakat luar. Dengan kata lain, Public Relations pula berfungsi dalam membangun ikatan komunikasi antara perusahaan dengan masyarakat luas.
Unsur - Unsur Humas
Dalam melaksanakan manajemen humas, menurut George R. Terry, seorang praktisi humas perlu mempersiapkan unsur - unsur yang diperlukan demi tercapainya tujuan yang maksimal, yakni :
1. Men and Women
Pihak yang ikut serta dalam proses manajemen,
2. Materials
Mencakup beberapa barang yang wajib dibeli ataupun dipersiapkan demi keberhasilan proses manajemen.
3. Machines
Seluruh yang menunjang pemakaian dari benda ataupun perlengkapan.
4. Methods
Metode ataupun teknik yang digunakan dalam melaksanakan proses manajemen.
5. Money
Anggaran yang diperlukan buat menggapai tujuan program perusahaan.
6. Market
Pasar target industri dalam melaksanakan proses manajemen.
Tahap - Tahap Dalam Manajemen Humas
Tahapan dalam manajemen humas ialah proses yang meliputi hal - hal sebagai berikut :
1. Planning
Pelaksanaan tujuan serta prosedur dan pembuatan rencana.
2. Organizing
Pengaturan anggota serta sumber daya yang diperlukan.
3. Coordinating
Struktur kepanitiaan, pendelegasian kerja tiap bagian, serta penataan anggaran.
4. Communicating
Penyampaian rencana program kepada publik internal serta eksternal.
5. Actuating
Aksi melaksanakan program yang cocok dengan rencana yang sudah terbuat.
6. Controlling
Kendali atas jalannya penerapan program.
7. Evaluating
Peniliaian terhadap hasil kinerja program.
8. Modificating
Aktivitas perbaikan program bersumber pada hasil penilaian.
Strategi Manajemen Dalam Hubungan Masyarakat
Manajemen humas ialah bidang ilmu yang tumbuh secara terpisah, tetapi dalam perkembangannya berhasil meningkatkan peranannya pada tiap bidang kehidupan.
Cutlip, Center, Brown (1985) menerangkan mengenai proses hubungan masyarakat yang mengacu pada pendekatan manajerial sebagai berikut :
Pada penjelasan di atas nampak kalau penerangan tugas humas tidaklah semata melaksanakan aksi, melainkan memerlukan rencana serta diiringi dengan langkah pengendalian lewat suatu proses penilaian.

